BIMBINGAN TEKNIS PENGURUS ( P2TP2A) TAHUN 2021

Bimbingan Teknis (Bimtek) P2TP2A pada tahun 2021 telah dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021 bertempat di  Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Cirebon. BImtek kali ini dihadiri oleh Kepala DP3APPKB Suwarso Budi Winarno AP MSi, Ketua Jabar Bergerak Kota Cirebon Madyawati SH, Kabid Perlindungan Anak Haniyati, Ketua Harian P2TP2A dr Hj Junny Setyawati MKM serta seluruh Pengurus P2TP2A Kota Cirebon. Maksud dan tujuan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengurus P2TP2A adalah untuk meningkatkan pengetahuan, koordinasi, kolaborasi dan sinergi bagi pengurus P2TP2A Kota Cirebon.

Berdasarkan Data Korban Kasus Kekerasan yang telah masuk ke Bidang Perlindungan Anak DSPPPA Kota Cirebon melalui Pusat Pelayanan Terpadu Rumah Sakit Daerah (PPT RSD Gunungjati) pada tahun 2020 s / d 30 September 2021 terdapat :

TAHUN 2020 Januari s/d 30 September 2021 
Anak Perempuan22 KasusAnak Perempuan18 Kasus
Perempuan Dewasa23 KasusPerempuan Dewasa12 Kasus
    
Anak Laki – laki9 KasusAnak Laki – laki0 Kasus
Laki – laki Dewasa0 KasusLaki – laki Dewasa0 Kasus

Kegiatan yang sudah dilaksanakan P2TP2A Kota Cirebon diantaranya :

  1. Melakukan Sosilaisasi advokasi dan pendampingan dari berbagai pihak tentang perlunya pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak sesuai dengan peraturan perundang-undangan, yang dilakukan oleh P2TP2A, Kader Wadul Bae, Kelompok PATBM Peksos, Psikolog PPT RSD Gunungjati.
  2. Melakukan pengumpulan data dan informasi dari kasus-kasus pelanggaran dan masalah perempuan serta anak-anak yang terjadi dalam lingkup keluarga dan masyarakat yaitu dari kader Wadul Bae, Kelompok PATBM, Unit PPA Polres Cirebon Kota, Bapas Kelas I Cirebon, dan PPT RSD Gunungjati.
  3. Memfasilitasi tersedianya tempat pengaduan konsultasi/konseling dan pelayanan terhadap kasus-kasus pelanggaran terhadap perempuan dan anak yang dilaksanakan di Bidang Perlindungan Anak, Kader Motekar, Kelompok PATBM, Kontes Curhat Cirebon, Sekretariat P2TP2A, PPT RSD Gunungjati, PPA Polres Cirebon Kota, Bapas Kelas I Cirebon.
  4. Menjadi narasumber pada kegiatan Pembentukan Aktifis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) bagi Kelurahan Pegambiran.
  5. Melakukan pengawasan, pemantauan dan evaluasi penanganan kasus terhadap perempuan dan perlindungan anak oleh Bidang Perlindungan Anak, Kader Wadul Bae, PPT RSD Gunungjati, Unit PPA Polres Cirebon Kota, Bapas Kelas I Cirebon.
  6. Memberikan saran, masukan dan pertimbangan kepada Wali Kota menyangkut penyelenggaraan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kota Cirebon.

Sementara itu, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh P2TP2A Kota Cirebon  diantaranya adalah :

  1. Melalui Bidang Perlindungan Anak DSPPPA akan melakukan Pembinaan untuk kelompok Aktifis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang telah terbentuk di Kota Cirebon.
  2. Melakukan Sosialisasi, Advokasi, Pendampingan, Pengawasan, Pemantauan dan Evaluasi Penanganan Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Cirebon.
  3. Menjadi narasumber di kegiatan lingkup Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  4. Melakukan pengumpulan data dan informasi dari kasus-kasus yang ada di Kota Cirebon.
  5. Telah melakukan Verifikasi Lapangan Evaluasi Kota Layak Anak dan menerima Penghargaan kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI).
  6. Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan oleh masing – masing Bidang di P2TP2A Kota Cirebon.
Ketua Harian P2TP2A dr Hj Junny Setyawati MKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *