Bimtek Pengurus P2TP2A Kota Cirebon Tahun 2020

Jum’at (11/09), Bertempat di Aula Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah diselenggarakan Bimbingan Teknis bagi Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Cirebon Tahun 2020.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cirebon Drs. Tri Helvian Utama, MM dan dihadiri pula oleh Ketua Harian P2TP2A drg. Siska L Muliadi dan Wakil Ketua Umum P2TP2A sekaligus sebagai Ketua DWP Kota Cirebon Hj. Madya Madywati Agus Mulyadi, SH.

Dari Kiri-Kanan : drg. Siska (Ketua Harian P2TP2A Kota Cirebon, Drs. Tri Helvian Utama, MM (Plt. Ka DSPPPA Kota Cirebon, IPDA Dwi Setyo Yuliastuti, SH (Kanit PPA Polres Cirebon Kota), dan Hj. Madya Madywati Agus Mulyadi, SH (Wakil Ketua Umum P2TP2A)

Pada Bimtek kali ini dihadirkan 2 (dua) orang Narsumber yaitu Kanit PPA Polres Cirebon Kota IPDA Dwi Setyo Yuliastuti, SH dan Kasie Bimbingan Klien Anak Bapas Kelasa 1 Cirebon Dra Eris Rastiyah.

Pada kesempatan tersebut IPDA Dwi Setyo Yuliastuti, SH, memaparkan tetang Unit PPA Polres Cirebon Kota yang memiliki bertugas untuk memberikan pelayanan dalam bentuk perlindungan terhadap perempuan dan anak yang menjadi korban kejahatan serta penegakan hukum terhadap pelaku nya (juga terhadap perempuan dan anak yang menjadi pelaku kejahatan). Sementara fungsi Unit PPA sebagai Penyelenggaraan pelayanan dan perlindungan hukum, Penyelenggaraan penyelidikan dan penyidikan  tindak pidana serta Penyelenggara kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait.

Selanjutnya pemaparan materi disampaikan oleh Dra Eris Rastiyah mengenai tugas pokok Bapas Kelas 1 Cirebon yaitu : Melakukan Pembimbingan terhadap Anak Bapas, Melakukan Pendampingan AB, Membuat Penelitian Kemasyarakatan, Melakukan Pengawasan terhadap ABH, dan Melaksanakan koordinasi dengan berbagai unsur yang terkait dalam pembimbingan dan pendampingan ABH .

Bapas Kelas 1 Cirebon memiliki wilayah kerja yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu. Saat ini jumlah klien pada Bapas 1 Cirebon keseluruhan berjumlah 1343 orang (Anak dan Dewasa) sementara Pembimbing Kemasyarakat (PK) hanya 15 orang.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini diikuti oleh hampir seluruh anggota pengurus P2TP2A Kota Cirebon. Tujuan dari kegiatan ini adalah selain untuk meningkatkan kompetensi para anggota akan tetapi memperkuat koordinasi, kolaborasi dan sinergitas antar anggota P2TP2A, karena dalam kepengurusan P2TP2A Kota Cirebon melibatkan banyak Perangkat Daerah, Instasi vertikal, kelompok masyarakat (wadul bae) serta pemerhati permasalahan sosial, perempuan dan anak di Kota Cirebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *